November 27, 2022

Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) “Abiyoso” Kementerian Sosial RI menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Teknologi Informasi, dengan Judul Kegiatan “Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Sensorik Netra Terhadap Teknologi Informasi”. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 8 Juni s.d. 11 Juni 2021 di aula Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Dinas Sosial DIY. Pembukaan Bimtek TIK ini dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial DIY, Koordinator Seksi Bimtek dan Layanan Literasi Braille BLBI beserta jajaran termasuk 2 orang instruktur, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial DIY, Kepala Balai RTPD beserta jajaran. Bimtek ini diikuti oleh 20 orang peserta, yang terdiri dari PPKS penyandang disabilitas sensorik netra Balai RTPD, alumni Balai RTPD, dan dari Yaketunis Yogyakarta.

Kepala Balai RTPD Peni Sumarwati, S.Psi dalam sambutannya mengatakan bahwa pemenuhan kebutuhan informasi melalui teknologi informasi bagi penyandang disabilitas sensorik netra masih terkendala dengan terbatasnya lembaga yang mampu memberikan aksesibilitas. Bimtek ini sangat penting karena di masa pandemi semua usaha sangat ditunjang kemampuan memanfaatkan Teknologi Informasi sehingga dengan bimtek ini Balai RTPD berharap peserta akan mendapatkan tambahan skill tentang hal tersebut. Kepala Balai sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas terselenggaranya kegiatan yang dilaksanakan oleh BLBI “Abiyoso” Kemensos RI. Semoga setelah mengikuti kegiatan ini para peserta dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk menunjang kehidupan sosialnya di masyarakat.

Amin Suaedi, S.ST. MPS.Sp, selaku Koordinator Seksi Bimtek dan Layanan Literasi Braille BLBI memaparkan bahwa tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah agar peserta dapat mengakses teknologi informasi dan baca tulis braille, hal itu tentunya dapat menjadi bekal untuk mengikuti perkembangan jaman. Selain itu, peserta juga diharapkan dapat menularkan ilmu yang diperoleh selama kegiatan bimtek kepada teman-teman penyandang disabilitas sensorik netra.

Endang Patmintarsih, SH, M.Si. selaku Kepala Dinas Sosial DIY secara resmi membuka kegiatan ini secara virtual via aplikasi zoom. Dalam sambutannya Kepala Dinas Sosial menyampaikan “Gubernur sangat peduli terhadap upaya penanganan penyandang disabilitas, maka dari itu diharapkan Balai RTPD mampu menjadi “inkubator” penanganan penyandang disabilitas. Kegiatan ini tentunya sejalan dengan hal tersebut,”

Endang Patmintarsih, SH, M.Si. juga berpesan, “Teknologi informasi sangatlah penting untuk memudahkan akses informasi, maka kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik untuk belajar. Mari jangan pernah berputus asa dalam belajar, terus semangat !”

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Bimtek

Dalam bimtek ini, peserta mendapatkan materi pengenalan dasar komputer, pengenalan word dan aplikasi Non Visual Desktop Access (NVDA), pengenalan penggunaan tombol dengan benar, mengetik, serta mengedit. (NRP)

Leave a Reply

Your email address will not be published.