November 27, 2022

Senin, 01 November 2021 telah dilaksanakan Pembukaan Praktek Belajar Kerja (PBK) Tahun 2021 bagi PPKS Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (Balai RTPD). Kegiatan yang dilaksanakan di ruang Lobi Balai RTPD ini diikuti oleh Peserta PBK serta Narasumber yang merupakan pimpinan perusahaan. Kegiatan PBK dibuka secara langsung oleh Endang Patmintarsih, S.H., M.Si selaku Kepala Dinas Sosial DIY melalui Zoom Meeting. Turut hadir pula via Zoom, Kepala Bidang dan Kepala Balai di lingkungan Dinas Sosial DIY.
Praktek Belajar Kerja dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi serta memberikan gambaran dunia kerja terhadap PPKS Balai RTPD Dinas Sosial DIY. Selain itu, PBK juga bertujuan untuk mengimplementasikan kemampuan yang dimiliki oleh PPKS setelah mereka menyelesaikan bimbingan keterampilan atau terapi penghidupan yang diikuti. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua puluh lima (25) hari kerja ini diikuti oleh delapan belas (18) orang PPKS yang berasal dari lima (5) jenis keterampilan yaitu jahit, komputer, elektronika, massage (pijat) dan kulit.
Dalam sambutannya, Kepala Balai RTPD, Peni Sumarwati, S.Psi menyampaikan bahwa para Peserta PBK ini nantinya akan dilakukan penilaian yang meliputi 3 unsur yakni: Kemampuan Mengelola Diri, Kompetensi, dan Kemampuan Sosial. Adapun aspek yang dinilai pada ketiga unsur adalah sebagai berikut : Kemampuan Mengelola Diri (kedisiplinan, sikap kerja dan kepatuhan), Kompetensi (ketelitian, ketekunan, ketrampilan teknis, dan pelayanan) serta kemampuan sosial (penyesuaian diri dan kerjasama).
Pelaksanaan PBK pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya PBK dilaksanakan di perusahaan atau tempat usaha di luar Balai, pada masa pandemi ini, PBK dilaksanakan di Galeri BRTPD. Kegiatan dilaksanakan dengan metode simulasi kerja pada masing-masing perusahaan yang telah dihadirkan oleh pihak BRTPD. Pimpinan perusahaan selaku narasumber dan fasilitator berperan sebagai Pembimbing Peserta PBK. Adapun perusahaan yang terlibat dalam kegiatan ini ialah: Nena Batik & Craft, Sewon; PT.Dahlia Dewantara, Gondomanan; Rizky Elektronik, Sedayu; Rumah Pijat Pak Wanto, Gondomanan dan usaha kerajinan kulit Fatimah Handycraft yang beralamatkan di Manding, Bantul

Leave a Reply

Your email address will not be published.