November 27, 2022

Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan mengenalkan gambaran dunia kerja pada PPKS Balai RTPD Dinas Sosial DIY, maka perlu adanya program Praktek Belajar Kerja (PBK). Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun yang ditujukan bagi PPKS yang telah selesai menyelesaikan kegiatan terapi penghidupan dasar dan dinyatakan kompeten oleh para instruktur keterampilan. Adapun tujuan dari PBK ini diantaranya adalah untuk mengimplementasikan keterampilan terapi penghidupan dasar yang telah didapat di Balai RTPD serta untuk mendorong PPKS untuk memiliki pola piker yang konstrukti, sehingga dapat melihat peluang kerja di masa depan.

Untuk terselenggaranya kegiatan tersebut maka dibutuhkan pembimbing PBK yang bertugas membimbing, mengawasi, mengarahkan PPKS agar dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki. Pelaksanaan PBK dilakukan dengan mengirimkan peserta ke tempat usaha sesuai dengan masing-masing keterampilan peserta. Oleh karenanya, pada Kamis, 27 Oktober 2022 telah dilaksanakan Penandatanganan MoU Praktik Belajar Kerja antara Balai RTPD dengan beberapa mitra PBK. Adapun lokasi PBK yang telah dipilih diantaranya adalah :

  1. TPS3R (Sumberagung, Jetis, Bantul)
  2. Rizky Elektronik (Sedayu, Bantul)
  3. Mandes (Pleret, Bantul)
  4. Kelik Production (Imogiri, Bantul)
  5. Griya Pijat Sehati (Mergangsan, Yogyakarta)
  6. Nisa Laundry (Jetis, Bantul)
  7. Griya Laundry (Pundong, Bantul)

Sebanyak 18 PPKS balai RTPD akan mengikuti kegiatan ini. Rencananya, kegiatan PBK akan dilaksanakan mulai tanggal 1 sd 29 November 2022, selama 25 hari kerja. Dalam sambutan pembukaannya, Kepala Balai RTPD Peni Sumarwati, S.Psi menyampaikan bahwa PBK ini merupakan sarana untuk melatih PPKS terjun dalam dunia kerja. Bekal keterampilan yang telah didapatkan selama di Balai RTPD, sejatinya di terapkan dalam kegiatan PBK ini agar mereka mempunya pandangan dan pengalaman bekerja sehingga nanti jika sudah lulus dari Balai RTPD dapat lebih siap berkarya ditengah masyarakat.

Pelaksanaan Kegiatan PBK dilaksanakan secara konvensional, yaitu dengan mengirimkan PPKS ke perusahaan/lokasi kerja sesuai terapi penghidupan yang diikuti dengan tujuan untuk memberikan “pengalaman bekerja pada sebuah perusahaan atau tempat usaha” sehingga yang bersangkutan selain meningkat ketrampilannya juga akan mengenal situasi kerja dengan segala peraturan yang berlaku termasuk cara bekerja yang baik untuk mendapatkan kepuasan pelanggan. Diharapkan yang bersangkutan mendapatkan wawasan tentang etika di tempat bekerja dan akan berkembang  kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, mengembangkan kerjasama serta meningkatkan kepercayaan diri.

Kami ucapkan terimakasih kepada para mitra yang sudah bersedia untuk menjadi lokasi PBK Tahun 2022. Dan kepada para PPKS, selamat berkarya dan teruslah belajar menggali pengalaman sebanyak-banyaknya selama PBK. (DLY)

Leave a Reply

Your email address will not be published.