November 27, 2022

Senin 17 Oktober 2022 telah dilaksanakan Penandatanganan Kerjasama antara Balai RTPD dengan RS PKU Muhammadiyah Bantul. Kerjasama ini terkait Pendampingan Pasien Penyandang Disabilitas.

Direktur utama RS PKU Muhammadiyah Bantul, dr Nurcholid Umam, Sp.A. M.Sc yang hadir bersama jajaran menyampaikan dalam sambutannya, bahwa kerjasama ini diltarbelakangi karena adanya kendala tenaga medis yang tidak mempunyai kemampuan berbahasa isyarat sehingga merasa kesulitan ketika melakukan penanganan terhadap pasien disabilitas khususnya rungu wicara. Oleh karenanya, dirasa perlu adanya capacity building tenaga Medis RS PKU Muhammadiyah Bantul agar mampu memiliki kompetensi yang dimaksud salah satunya dengan bermitra dengan Balai RTPD dalam hal fasilitasi narasumber bahasa isyarat. Hal ini sejalan dengan misi RS PKU Muhammadiyah Bantul sebagai rumah sakit ramah disabilitas.

Kepala Balai RTPD, Peni Sumarwati S.Psi menyambut baik kerjasama ini. Penyandang disabilitas berhak atas kesempatan yang sama dalam mendapatkan pelayanan publik, terlebih pada sektor kesehatan karena penyandang disabilitas termasuk dalam golongan rawan masalah kesehatan. Kerjasama yang akan dilaksanakan salah satunya adalah pemenuhan kompetensi bahasa isyarat bagi tenaga medis di RS PKU Muhammadiyah Bantul dan juga fasilitas layanan kesehatan bagi PPKS Balai RTPD. Lebih lanjut disampaikan bahwa harapannya kerjasama ini bisa meluas ke aspek lain khususnya dalam hal fasilitasi pelayanan kesehatan bagi penyandang disabilitas.

Kami sampaikan terimakasih kepada RS PKU Muhammadiyah Bantul, semoga kerjasama ini dapat berjalan baik dan lancar sehingga membawa manfaat bagi semuanya. (DLY)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related News