BIMBINGAN DINAMIKA KELOMPOK BAGI WARGA BINAAN WREDHA

Category: Berita 42 0

Balai RTPD melakukan pengembangan layanan bagi warga binaan sosial. Salah satunya ialah bimbingan sosial dinamika kelompok bagi warga binaan wredha disabilitas.

Pada tahun 2020 ini, Balai RTPD melakukan pengembangan layanan bagi warga binaan sosial. Salah satunya ialah bimbingan sosial dinamika kelompok bagi warga binaan wredha disabilitas. Kegiatan ini di laksanakan sebanyak delapan kali dalam satu bulan dan dilaksanakan di halaman asrama wredha. Sebagai instruktur kegiatan, Ika Nurfebriani, S.Psi, M.Psi, Psikolog menyampaikan materi terkait dengan ekspresi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya ialah berlatih mengatur pernafasan dan berlatih terapi tertawa. Dalam terapi tertawa terdapat beberapa jenis tawa yang dapat mengekspresikan perasaan. Misalnya tawa sapaan, tawa bersemangat, tawa penghargaan, tawa memaafkan, serta tawa bantahan.
Warga binaan wredha sangat antusias mengikuti kegiatan dinamika kelompok ini karena sederhana dan mudah diikuti. Selain dapat sebagai sarana mengekspresikan perasaan, terapi tertawa ini juga dapat dijadikan sebagai latihan aerobik sederhana. Dalam bimbingan tersebut terdapat latihan relaksasi otot dan pernafasan, sehingga secara tidak langsung dapat menaikkan hormon endorphin dalam tubuh. Hormon tersebut berfungsi sebagai penenang dan dapat mengurangi rasa sakit. Melalui kegiatan ini, diharapkan warga binaan wredha dapat berpikir positif sehingga hidupnya dipenuhi dengan rasa bahagia serta dapat meningkat kualitas hidupnya. (Utami/ars)

Related Articles

Add Comment