Bimbingan Vokasional (Disabilitas Daksa dan Rungu Wicara)

Bimbingan vokasional untuk disabilitas daksa, rungu dan wicara ada 6 bimbingan, yaitu:
1. Bimbingan Keterampilan Kulit
Warga binaan yang mengikuti kelas kulit diberikan pelatihan keterampilan membuat barang yang berbahan dasar dari kulit.Pembelajaran yang diberikan meliputi nilai dasar gambar bentuk, dasar ukuran skala simetri, pembuatan pola (pola, master pola, pola dasar, pola jadi), teknik pemolaan serta penguasaan mesin dan peralatan. Hasil dari kelas kulit diantaranya berupa tas, dompet, ikat pinggang, sandal, tempat tisue, kunci dan aksesoris berbahan dasar kulit.
2. Bimbingan Keterampilan Perak
Warga binaan yang mengikuti kelas kulit diberikan pelatihan keterampilan membuat barang yang berbahan dasar logam. Pembelajaran yang diberikan meliputi pengetahuan bahan dan alat, keterampilan memotong, membentuk, menyambung, mengikir, memoles, menggerinda, mengampelas dan pengetahuan tentang keselamatan kerja. Hasil dari kelas perak diantaranya cincin, gelang, liontin, emban, dan aksesoris lain yang berbahan dasar logam.
3. Bimbingan Keterampilan Menjahit
Warga binaan yang mengikuti kelas jahit diberikan pelatihan keterampilan yang berhubungan dengan menjahit baik yang berbahan kain maupun kaos. Pembelajaran yang diberikan meliputi teori menjahit, praktik menjahit, penguasaan mesin, kerapihan dan kecepatan produksi. Hasil dari kelas jahit diantaranya baju, hem, kaos olahraga, berbagai macam celana, berbagai macam rok, kebaya, blouse.
4. Bimbingan Keterampilan Desain Grafis
Warga binaan yang mengikuti kelas grafis diberikan pelatihan keterampilan yang berhubungan dengan desain grafis. Pembelajaran yang diberikan meliputi penguasaan aplikasi Corel Draw, dan materi berbagai macam jenis cetak/ sablon. Hasil dari kelas grafis berupa sablon kaos, cetak kartu nama, sablon label, dan berbagai barang kerajinan yang berhubungan dengan grafis.
5. Bimbingan Keterampilan Komputer
Warga binaan yang mengikuti kelas komputer diberikan pelatihan keterampilan yang berhubungan dengan pengoperasian komputer. Pembelajaran yang diberikan meliputi pengetahuan komputer dasar, penguasaan aplikasi perkantoran (Ms. Word, Ms. Excel, Ms. PPt), dasar-dasar grafis dan materi internet serta multimedia. Hasil dari kelas komputer yaitu diharapkan warga binaan memiliki kemampuan untuk bekerja di bidang yang berkenaan dengan komputer.
6. Bimbingan Keterampilan Elektronika
Warga binaan yang mengikuti kelas elektro diberikan pelatihan keterampilan yang berhubungan dengan perbaikan dan perawatan barang-barang elektronik. Pembelajaran yang diberikan meliputi pengujian komponen elektronika, penggunaan alat ukur, pembacaan hasil ukur, perakitan rangkaian elektronika dan pengujian pesawat elektronika. Hasil dari kelas elektro yaitu warga binaan diharapkan dapat bekerja berbekal kemampuan untuk perbaikan dan perawatan barang-barang elektronik.