Fasilitasi dan Pertemuan Penyandang Disabilitas

Category: Kegiatan 3 0

Salah satu bentuk kegiatan pelayanan rehabilitasi social Balai RTPD ke masyarakat yaitu fasilitasi dan pertemuan penyandang disabilitas. Salah satu tujuan kegiatan ini yaitu memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta mengenai tugas dan fungsi serta program layanan Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas secara umum. Kegiatan ini berlangsung di bulan Maret 2019 dengan sasaran lokasi, yaitu di daerah Tanjung Sari, Gunung Kidul kemudian daerah Wates dan Lendah, Kulonprogo, serta daerah Pakem Sleman.

Sebelum melakukan kegiatan ini, petugas dari Balai RTPD yang terdiri dari pekerja sosial dan seksi teknis, terlebih dahulu berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat berkaitan dengan peserta dan teknis pelaksanaan kegiatan. Sasaran peserta untuk kegiatan ini yaitu para penyandang disabilitas, aparat desa, tenaga kesejahteraan sosial dan pendamping penyandang disabilitas serta masyarakat daerah setempat.

Acara dibuka dengan sambutan dari kepala desa setempat dan dilanjutkan dengan pemaparan maksud dan tujuan serta materi yang disampaikan oleh petugas dari Balai RTPD. Materi yang disampaikan diantaranya adalah karakteristik, hambatan dan rehabilitasi bagi para penyandang disabilitas. Setelah penyampaian materi dilanjutkan sesi tanya jawab dan pengumpulan data penyandang disabilitas di daerah setempat. Selain menyampaikan materi, petugas dari Balai RTPD juga memberikan motivasi bagi para penyandang disabilitas untuk lebih terbuka dalam setiap kesempatan program rehabilitasi. (FDA/adm)

Related Articles

Add Comment