November 27, 2022
IKM Balai RTPD 2020

Pada tanggal 1 agustus sampai dengan 30 september 2020 telah dilaksanakan survey kepuasan masyarakat di Balai RTPD. Pelaksanaan survey tersebut melibatkan sekitar 113 orang responden dan dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner. Penyebaran kuesioner menyasar pada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) serta pihak-pihak yang bersinggungan dengan pelayanan yang dilakukan oleh Balai RTPD sepeti orang tua / wali dari PPKS.

Survey kepuasan masyarakat tahun 2020 mendapatkan hasil yang lebih bagus dari tahun sebelumnya. Hal tersebut karena adanya perbaikan dari segi pelayanan pengaduan dan perbaikan sarana serta prasarana pendukung dalam proses rehabilitasi sosial. Pada tahun 2019 Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat sebesar 77,61 dan termasuk dalam kategori kinerja baik, sedangkan tahun 2020 terjadi peningkatan dengan perolehan Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat sebesar 80,44 dan termasuk dalam kategori kinerja baik.

Akan tetapi pada tahun 2020 ini terdapat sorotan yang dari segi produk pelayanan, dimana banyak responden yang merasa tidak puas terhadap produk layanan yang ada di Balai RTPD. Diantara produk layanan tersebut adalah terkait dengan bimbingan sosial dan penghidupan dasar yang diberikan. Pada tahun 2020 ini memang terdapat banyak perubahan metode dan kurikulum pembelajaran serta bimbingan, dimana setiap pihak harus melakukan penyesuaian dengan kebijakan baru tersebut.

Hal tersebut tentunya akan menjadi evaluasi dan pekerjaan rumah kedepannya agar inovasi produk layanan serta kebijakan terbaru dapat diaplikasikan dengan baik dan dapat diterima oleh semua pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.