November 27, 2022

Menjaga kesehatan PPKS merupakan hal yang penting dalam proses rehabilitasi PPKS di Balai RTPD. Sebagai bagian dari keterpaduan, PPKS dengan berbagai disabilitas perlu tetap menjaga dan mempertahankan kondisi kesehatannya seoptimal mungkin supaya tetap produktif di balai. Sayangnya, tidak semua PPKS mau perduli dengan kesehatan mereka sendiri. Banyak penyebabnya, ada yang tidak paham tentang kondisi kesehatannya, ada yang karena kelemahannya tidak sadar bahwa perlu pertolongan dari tenaga kesehatan, ada juga yang tidak mau memperhatikan kondisi kesehatan dirinya karena malu, malu dengan temannya, malu pada tim kesehatan, dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu usaha menjaga dan mempertahankan kesehatan PPKS di Balai RTPD, Seksi Rehabilitasi Medik mempunyai kegiatan Pos Pelayanan Kesehatan Disabilitas, atau POSYANDIS. Posyandis merupakan kegiatan rutin seksi rehab medic yang dilaksakan setiap bulan, biasanya dilaksanakan pada hari Jumat ke 3 setiap bulannya. Namun, ada yang berbeda dan terasa istimewa untuk kegiatan POSYANDIS di bulan April ini. Menjelang Ramadhan, kegiatan posyandis khusus bulan ini diadakan pada minggu kedua bulan april, yaitu tanggal 12 April 2021 dengan tujuan untuk memantau kesehatan para PPKS agar lebih prima saat menjalankan ibadah puasa.

Nah, apa saja kegiatan posyandis?

Kegiatan di awali dengan olahraga bersama di Halaman Balai RTPD. Para PPKS sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Badan terasa jauh lebih bugar. Setelah selesai, PPKS akan masuk alur pelayanan Kegiatan Posyandis. Proses pelayanan dalam kegiatan Posyandis ini diawali dengan pendaftaran. Untuk PPKS Wreda didahulukan mengingat kegiatan berlangsung di aula dan PPKS Wreda cenderung memiliki fisik yang tidak tahan menunggu terlalu lama. Setelah melalui meja pendaftaran, PPKS akan dilakukan penimbangan BB dan pengukuran TB. Hal ini menjadi penting, untuk memantau kesehatan dan status gizinya. Setelah itu, PPKS masuk ke meja pemeriksaaan dan konsultasi kesehatan Apabila ada PPKS yang kondisinya sakit, maka PPKS dicatat keluhannya dan diberikan obat sementara (Obat Kode Hijau atau Biru) dan Vitamin. Apabila ada PPKS yang memerlukan pelayanan konsultasi dengan dokter atau tenaga profesional medis lainnya, maka akan dikomunikasikan, dijadwalkan,  dan disarankan hadir oleh petugas pada jadwal kedatangan pelayanan tenaga ahli. Kegiatan Posyandis ini diakhiri dengan pemberian makanan tambahan yang telah disediakan. Dan tahap yang terakhir adalah Meja Pengambilan PMT atau Pemberian Makanan Tambahan. Biasanya PPKS paling antusias kalau sudah di meja ini, hehe.

Kegiatan Posyandis ini menjadi kesempatan bagi PPKS untuk konsultasi tentang kondisi kesehatannya kepada perawat dimana mereka selama ini sering tidak sempat, tidak mampu, atau segan pergi ke poliklinik untuk berobat.. Dari segi social, kegiatan ini bisa sebagai ajang sosialisasi dan saling kontrol  status kesehatan PPKS. Pada dasarnya, Posyandis merupakan kegiatan yang sangat penting dan perlu dilanjutkan dan ditingkatkan kemanfaatannya di Balai RTPD untuk meningkatkan status kesehatan PPKS. Salam Sehat Semua! (DLY & AFH)

Leave a Reply

Your email address will not be published.