Kegiatan Dhuha Berjamaah

Category: Berita, Kegiatan 39 0

Memasuki Bulan Ramadhan yang bertepatan pada hari Senin tanggal 6 Mei 2019, ada berbagai macam kegiatan yang dilakukan di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Berbagai kegiatan tersebut antara lain Shalat Dhuha dan Tarawih Berjamaah, lomba keagamaan, berbuka dan sahur bersama.

Adapun kegiatan Shalat Dhuha berjamaah dilakukan di aula utama Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD), hal ini dilakukan karena Mushala di Balai tidak muat untuk menampung semua jamaah. Shalat Dhuha berjamaah tersebut dimaksudkan untuk mengisi kegiatan pagi selama Bulan Suci Ramadhan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk pembinaan rohani bagi warga binaan sosial di BRTPD.

Kegiatan Shalat Dhuha berjamaah di pimpin oleh Pekerja Sosial yang berada di balai, dimana setelah selesai Shalat Dhuha akan ada ceramah atau kultum yang petugasnya bergantian dari pekerja sosial maupun dari pengampu kegiatan yaitu seski atau bidang yang melayani langsung kegiatan harian warga binaan di BRTPD. Meskipun dengan segala keterbatasan yang dimiliki oleh para warga binaan, namun tidak mengurangi kekhusyukan dalam menjalankan ibadah. Hal itu terlihat pada situasi saat pelaksanaan ibadah dengan beragam kondisi, namun tidak menjadikan warga binaan untuk malas beribadah. Setelah selesai Shalat Dhuha juga secara bersama-sama melantunkan bacaan ayat-ayat suci Al-Quran.

Selesai pembacaan ayat suci, kemudian dilanjutkan dengan kultum atau ceramah yang dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada warga binaan untuk bisa lebih berdaya dan bersemangat dalam mengikuti setiap pembelajaran yang dilakukan di BRTPD. Selain itu, ceramah keagamaan juga merupakan salah satu dari program untuk pembinaan spiritual bagi warga binaan sosial di BRTPD.

Setelah kegiatan shalat dhuha berjamaah, para warga binaan sosial tersebut tetap melaksanakan kegiatan kelas seperti biasanya untuk belajar berbagai macam keterampilan yang diantaranya keterampilan komputer, menjahit, pijat dan lain-lain.

Related Articles

Add Comment