Kelas Menjahit Bagi Warga Binaan

Category: Kegiatan, Uncategorized 11 0
Kegiatan praktek menjahit di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Yogyakarta

Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas melaksanakan kegiatan pembinaan terhadap penyandang disabilitas yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan pembinaan keterampilan merupakan upaya untuk memberikan bekal kepada warga binaan penyandang disabilitas ketika nanti terjun langsung ke masyarakat agar bisa mendiri. Ada berbagai macam pembinaan keterampilan yang ada di BRTPD antara lain keterampilan pijat, komputer, menjahit, wirausaha, laundry, bengkel dan lain-lain.

Salah satu pembinaan keterampilan yang diberikan kepada warga binaan adalah keterampilan menjahit. Kegiatan pembinaan keterampilan menjahit terbagi dari kegiatan kelas teori dan kelas praktek. Dalam kelas teori, warga binaan diberikan pengetahuan dasar tentang seluk beluk jahit, mulai dari pengenalan kain, pengenalan pola, pengenalan teknik jahit sampai dengan pengenalan mesin jahit.

Kegiatan praktek menjahit di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Yogyakarta

Terdapat banyak komponen yang harus dipelajari oleh warga binaan agar menguasai keterampilan menjahit. Pada kelas praktek, warga binaan akan diberikan pengetahuan tentang peralatan jahit beserta fungsinya, mulai dari piranti yang kecil yaitu jarum sampai dengan pengenalan berbagai macam mesin jahit beserta fungsi-fungsi panel atau bagian yang ada pada mesin jahit tersebut.

Sebagian besar warga binaan memang belum mengenal tentang jahit menjahit, maka proses pembinaan juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena harus mengenalkan segala macam hal tentang dunia menjahit. Namun, warga binaan cukup antusias dalam mengikut proses pembelajaran di kelas menjahit tersebut.

Kegiatan praktek menjahit di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Yogyakarta

Pada saat warga binaan sudah bisa dan cukup mahir dalam menjahit, maka mereka akan dikirim ke penjahit atau konveksi untuk melakukan kegiatan praktek belajar kerja. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar warga binaan bisa mengaktualisasikan apa yang sudah dipelajari di dunia kerja. Selain itu juga diharapkan dengan adanya praktek belajar kerja, warga binaan terbiasa untuk melakukan pekerjaan dan bersosialisasi dengan lingkungan tempat kerja. (AD/adm)

Related Articles

Add Comment