Kemeriahan Kemerdekaan Bersama Disabilitas

Category: Kegiatan 38 0

Semarak Hari Ulang Tahun NKRI tahun 2019 di Balai RTPD serasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Berbagai acara dikemas untuk menyambut dan menyemarakan HUT NKRI yang ke 74, diantaranya lomba antar warga binaan, malam tirakatan dan upacara bendera dengan petugas dari warga binaan sosial di Balai RTPD. Selain itu, tidak lupa pula menghias lingkungan kantor dengan bendera dan umbul-umbul agar menambah semarak suasana peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

Lomba antar warga binaan dilakukan selama seminggu dengan puncak acara malam tirakatan tanggal 16 Agustus 2019. Lomba yang diadakan diantaranya pecah air, balap kelereng, bolpoin botol, makan kerupuk, kebersihan asrama, yel-yel antar kelas, lomba bercerita bagi warga binaan wredha dengan disabilitas dan lain sebagainya. Para warga binaan sangat antusias, terutama warga binaan wredha, yang mana sangat suka sekali bercerita tentang masa muda mereka.

Acara malam tirakatan di Balai RTPD dihadiri semua warga binaan, dan beberapa pegawai yang bertugas. Kepala Balai RTPD, Sigit Alifianto, S.E, M.M. tidak ketinggalan pula ikut datang memeriahkan acara malam tirakatan. Beliau menyampaikan bahwa kita tidak boleh lupa dengan perjuangan para pahlawan yang telah banyak berjasa bagi kehidupan bangsa Indonesia sekarang. Meski kondisi disabilitas bukan berarti menjadi halangan untuk berjuang demi bangsa Indonesia. SDM unggul Indonesia maju, mengikuti proses rehabilitasi di Balai RTPD dengan baik salah satu cara berjuang kita untuk menjadi SDM yang unggul demi kemajuan dan kesejahteraan kita bersama serta bangsa Indonesia.

Upacara bendera 17 Agustus 2019 di halaman Balai RTPD terlihat berbeda. Beberapa petugas menggunakan kursi roda dan tongkat bantu, bukan tanpa alasan. Mereka adalah warga binaan sosial Balai RTPD yang menjadi petugas upacara bendera. Tidak hanya disabilitas fisik saja, tapi disabilitas sensorik dan intelegensi, juga ikut menjadi petugas upacara. Meski tidak sempurna, bukan halangan bagi mereka untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya sebagai petugas upacara. Upacara memperingati hari kemerdekaan dihadiri oleh pegawai di Balai RTPD dan seluruh warga binaan sosial dengan inspektur upacara Kepala SubBag TU. Mereka sangat antusias ikut menyemarakan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74. SDM Unggul Indonesia Maju. (FDA)

Related Articles

Add Comment