Kunjungan Dinas Sosial Banten

Category: Berita 35 0

Kamis, 11 Juli 2019 Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas kembali mendpatkan kunjungan. Pada kesempatan kali ini, beberapa pejabat dari Dinas Sosial Provinsi Banten yang melakukan kunjungan tersebut. Rombongan dari Dinas Sosial Provinsi Banten sebelumnya sudah di sambut di Kantor Dinas Sosial Yogyakarta, sebelum akhirnya melakukan kunjungan ke BRTPD.

Kunjungan yang diikuti oleh sebelas peserta lintas bidang dan dari balai rehabilitasi sosial tersebut bermaksud untuk belajar dalam rangka pengelolaan balai rehabilitasi sosial terpadu. Para peserta disambut langsung oleh Kepala Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Yogyakarta Bapak Sigit Alifianto, S.E., M.M.  dan kemudian diajak berkeliling melihat kegiatan dan fasilitas yang ada di BRTPD. Para peserta kunjungan dari Dinas Sosial Banten sangat antusias ketika melakukan observasi dan sering kali bertanya tentang proses-proses dalam pengelolaan balai.

Provinsi Banten merupakan salah satu provinsi yang masih tergolong baru di Indonesia, maka mereka merasa perlu untuk melakukan studi banding dalam rangka pengelolaan pelayanan terutama dalam pelayanan sosial. Pada kesemptan tersebut, salah satu perwakilan dari Dinas Sosial Banten juga memberikan keterangan bahwa mereka sedang mempersiapkan untuk mendirikan Balai Rehabilitasi Terpadu di Provinsi Banten. Dalam Balai Rehabilitasi Terpadu tersebut berbeda konsep dengan yang ada di Yogyakarta, dimana kalau Balai Rehabilitasi Terpadu yang dikelola oleh Dinas Sosial Yogyakarta adalah terpadu dalam pelayanannya, bukan terpadu secara jenis masalah sosialnya.

Balai Rehabilitasi Terpadu yang dikelola Dinas Sosial Yogyakarta, masing-masing mengelola satu kategori permasalahan sosial atau memiliki suatu kekhususan. Seperti contohnya Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas yang khusus melakukan rehabilitasi bagi teman-teman peyandang disabilitas, mulai dari rehabilisatasi sosial, medis dan vokasional.

Related Articles

Add Comment