KURSUS BAHASA ISYARAT BAGI PEYELENGGARA PELAYANAN

Category: Berita, Kegiatan 133 0

KURSUS BAHASA ISYARAT BAGI PEYELENGGARA PELAYANAN
DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS (BRTPD) YOGYAKARTA
KERJA SAMA DENGAN ARBEITER-SAMARITER-BUND (ASB) INDONESIA

 

Pelatihan Bahasa Isyarat Penyelenggara Layanan

Pundong, Bantul – Senin (18 Maret 2019) Balai RTPD Yogyakarta selaku Balai yang menyelenggarakan pelayanan perlindungan rehabilitasi sosial dan rehabilitasi medik bagi penyandang disabilitas netra, grahita, daksa, dan rungu wicara, serta jaminan sosial bagi werdha disabilitas tentunya harus selalu meningkatkan sistem dan kemampuan layanannya. Salah satu meningkatkan kemampuan komunikasi dengan warga binaan sosial penyandang disabilitas rungi wicara berupa kursus bahasa isyarat. Kursus ini sangat penting dengan harapan memperlancar dan mempermudah komunikasi dengan penyandang disabilitas rungu wicara.

Kursus Bahasa Isyarat tersebut merupakan kerja sama antara Balai RTPD Yogyakarta dengan Arbeiter-Samariter-Bund (ASB). ASB adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial dari Jerman yang bekerja di Indonesia sejak tahun 2006 dan fokus pada penguatan dan pemberdayaan masyarakat dalam Pengurangan Risiko Bencana Inklusi dan Permasalahan Penyandang Disabilitas.

Kursus Bahasa Isyarat dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis setiap minggu yang diikuti oleh 28 orang penyelenggara pelayanan terdiri dari Pekerja Sosial, Pramu Sosial, Perawat, dan pegawai fungsional lainnya. Metode kursus meliputi teori dan praktek yang dilengkapi modul yang telah disiapkan oleh ASB.(SA/adm)

Related Articles

Add Comment