Lomba – Lomba Keagamaan Meriahkan Ramadhan Di BRTPD Yogyakarta

Category: Berita, Kegiatan 261 0
Suasana saat berlangsungnya lomba Cerdas Cermat

Memasuki Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah yang jatuh bertepatan mulai tanggal 6 Mei 2019, ada berbagai tambahan kegiatan yang berlangsung di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Yogyakarta. Semua kegiatan pembimbingan dan kelas tetap berlangsung sesuai dengan yang sudah dijadwalkan. Namun, tambahan kegiatan selama bulan Suci Ramadhan diantaranya Shalat Dhuha berjamaah, Buka Puasa Bersama, Shalat Isya dan Tarawih Berjamaah, Tadarus Al-Quran serta lomba-lomba keagamaan yang diikuti oleh warga binaan.

Berbagai macam lomba yang dilaksanakan diantaranya lomba praktek Wudhu, Adzan, Shalat Wajib, Tadarus Al-Quran, Kultum dan Cerdas Cermat. Semua rangkaian lomba tersebut dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu, tanggal 10 dan 11 Mei 2019 di mushala dan aula BRTPD.

Hari pertama, Jumat 10 Mei 2019 lomba dilaksanakan di mushala BRTPD dengan materi lomba praktek wudhu, adzan, shalat dan tadarus. Sedangkan hari kedua, sabtu 11 Mei 2019 lomba dilaksanakan di auola BRTPD dengan materi lomba Kultum dan Cerdas cermat.
Para warga binaan yang menjadi peserta cukup antusias dalam mengikuti berbagai perlombaan. Dan juga saling mendukung dengan memberikan semangat ketika teman yang lain sedang melaksanakan lomba. Menurut Masda Tanjung, pekerja sosial yang mendampingi warga binaan, menyatakan bahwa pelaksanaan lomba bukan semata untuk mendapatkan pemenang atau mencari yang paling bagus. Namun, lebih dari pada itu adalah untuk mengukur kemampuan warga binaan terhadap pengetahuan agama.

Sebagian warga binaan sudah cukup banyak yang menguasai pengetahuan keagamaan, tidak hanya sebatas menjalankan ibadah namun juga hukum atau kaidah kaidah Fiqih yang berlaku. Bahkan sudah mampu menularkan ilmunya kepada sesama warga binaan. Hal itu tercermin dalam pelaksaan lomba kultum pada Sabtu pagi 11 Mei 2019, sebagian peserta bahkan sudah bisa secara terstruktur menyampaikan materi kultum lengkap dengan kutipan ayat suci Al-quran dan Hadist dari Nabi Muhammad SAW. Chalimah Sa’diyah salah satu peserta lomba kultum, dalam peyampaian materi kultumnya mengatakan bahwa selama bulan Ramadhan kita harus senantiasa meningkatkan ibadah. Karena setiap amalan yang dilakukan selama bulan Ramadhan akan dilipat gandakan pahalanya. (Adm)

Related Articles

Add Comment