Pembutan Gelang dari Tali Prusik

Category: Berita, Kegiatan 348 0

Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) terletak di Dusun Piring, Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menempati lahan seluas 4 hektar dan berada jauh dari perkotaan, membuat BRTPD menjadi sebuah tempat yang cocok untuk penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas.KKN di BRTPD banyak program yang akan diadakan mahasiswa KKN Universitas PGRI Yogyakarta untuk memberdayakan para warga binaan agar dapat memiliki keterampilan baru.

Program Kerja yang diberikan untuk wargaa binaan di BRTPD Pundong Bantul, lebih mengarah pada pemberdayaan masyarakat. Adapun program kerja individu yang saya berikan untuk warga binaan di BRTPD Pundong Bantul adalah pembuatan gelang dari tali prusik.

Gelang dari tali prusik biasanya umum dijumpai di tempat-tempat wisata dan gelang ini biasanya banyak digemari karena warnyanya yang menarik, bentuknya simple, mudah dipakai dan sesuai trend masa kini. Pembuatan gelang dari tali prusik tidak terlalu sulit, cukup hanya menyimpulkan ujung tali satu dengan yang lainnya agar bisa dibuat untuk mengencangkan dan mengkendurkan gelang tersebut dan daya jual gelang dari tali prusik ini juga lumayan sehingga bagi warga binaan yang sudah bisa membuat gelang tali tersebut bisa mempasarkannya.

Program kerja pembuatan gelang tali yang saya lakukan dilaksanaakan pada hari kamis malam, tanggal 16 Februari 2018. Kegiatan pembuatan gelang ini sangat diminati para warga binaan BRTPD Pundong Bantul, antusiasme mereka tinggi sehingga kegiatan pembuatan gelang tali tersebut bisa berjalan dengan lancar. Manfaat dari pembuatan gelang dari tali prusik adalah untuk menambah ketrampilan dan menambah penghasilan bagi warga binaan BRTPD Pundong Bantul. (KKN UPY’18)

Related Articles

Add Comment