December 3, 2022
Ruang isolasi dan karantina PPKS yang baru kembali dari rumah
Salah satu tempat cuci tangan bagi PPKS

Wabah virus corona membuat kita menjadi sangat terbiasa dengan sejumlah kosakata. Salah satunya adalah isolasi dan karantina. Isolasi adalah suatu kegiatan untuk memisahkan diri atau kelompok dari sekumpulan banyak. Sedangkan karantina adalah tempat penampungan yang lokasinya dipisahkan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit dan sebagainya.

Mengacu pada dua istilah diatas maka BRTPD merupakan salah satu Balai Rehabilitasi Sosial di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menerapkan sistem protokol kesehatan Covid 19 . Adapun tujuan utama dari program tersebut adalah untuk menjaga PPKS ( Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial ) agar terhindar dari Covid-19.

Adapun langkah- langkah  yang dilakukan Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas adalah :

1.            Mewajibkan seluruh warga yang berada di dalam Balai agar selalu memakai masker

2.            Selalu mendorong PPKS untuk hidup bersih dan sehat

3.            Diadakannya penyemprotan disinfektan secara rutin baik diluar ruangan ataupun di dalam ruangan

4.            Selalu diadakan pelayanan kesehatan ( pengecekan suhu tubuh PPKS, berat badan ,dan juga pengecekan oleh Dokter  dan perawat)

5.            Pemenuhan makanan yang mengacu pada pola 4 sehat 5 sempurna bagi PPKS

6.            Mewajibkan PPKS untuk selalu cuci tangan

7.            Menerapkan sistem isolasi dan karantina bagi PPKS yang baru kembali dari rumahnya.

Dari poin- poin tersebut diatas yang paling menarik adalah  isolasi dan karantina PPKS yang baru kembali dari rumah. Hal tersebut menarik karena PPKS secara langsung ditempatkan di kamar atau ruangan yang terpisah dari sebagian besar PPKS. Adapun tempat isolasi dan karantina adalah di Guest House lantai 1 dan lantai 2 .Selain itu segala bentuk kegiatannya pun juga dilaksanakan di guest house.

Sebagai kesimpulan bahwa BRTPD adalah Balai yang secara langsung menunjang Program yang digalakkan oleh Pemerintah untuk melawan pandemic Covid-19. (why/ars)

Leave a Reply

Your email address will not be published.