November 27, 2022

Sabtu, 05 Juni 2021 bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas mengadakan Bimbingan Teknis kepada para PPKS dengan mengusung tema tentang pengolahan sampah dan pelestarian alam. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah PPKS dan pegawai Balai RTPD dengan menghadirkan narasumber yaitu Sari Budiarti dan Sugeng Diono, SP dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul.

Materi pertama yang diberikan adalah tentang Teknik Pengolahan Sampah. Sari Budiarti, selaku narasumber menjelaskan berbagai teknik yang dapat digunakan untuk mengelola limbah sampah organik rumah tangga, salah satunya adalah dengan membuat Ember Tumpuk. Ember tumpuk merupakan alat pemroses pupuk yang dibuat dengan menyatukan 2 buah ember yang disusun bertingkat. Ember tumpuk digunakan untuk mengolah sampah dengan bantuan larva Hi (Hermetia illucens) pada skala rumah tangga. Larva Hi dapat membantu proses pengomposan aerob dan mempercepat proses penguraian sampah organik. metode ember tumpuk menggunakan peralatan sederhana dan murah. Teknologi ini sangat mudah diaplikasikan di rumah. Ember tumpuk mampu mengolah sampah organik menjadi pupuk organik yang ramah lingkungan. Dengan ember tumpuk, setiap orang dapat membuat pupuk organik yang murah dan mendukung lahan pertanian yang mulai kehilangan kesuburannya.

Materi kedua disampaikan oleh Sugeng Diono, SP dengan tema Pengendalian Kerusakan Lingkungan Perspektif Pertanian. Pada materi ini disampaikan pentingnya pengendalian keusakan lingungan, khususnya dalam hal pertanian. Pertanian merupakan sector penting yang harus dijaga kelestariannya. Polusi pertanian merupakan pencemaran yang dapat diakibatkan oleh adanya produk sampingan baik dari kegiatan pertanian maupun non pertanian. jika hal ini masih terus terjadi bisa berdampak pada kerusakan aktivitas pertanian terhadap lingkungan, seperti pencemaran air, perubahan iklim hingga pencemaran genetika.

PPKS Darmin menyampaikan kembali proses pembuatan alat pengolah sampah dan proses pembuatan pupuk

Semoga, dengan adanya kegiatan Bimtek ini, bisa kembali membangkitkan gelora semangat kita untuk terus melestarikan dan menjaga lingkungan. Selamat Hari Lingkungan Hidup. Salam Lestari!

Leave a Reply

Your email address will not be published.