POSYANDU DISABILITAS DAN LANSIA WBS BALAI RTPD

Category: Berita, Kegiatan 42 0
Anemnesa oleh perawat didampingi pramurukti

Balai RTPD mengadakan posyandu bagi penyandang disabilitas dan lansia warga binaan sosial (WBS) di Balai RTPD pada hari jumat 19 Juli 2019. Kegiatan ini dilakukan untuk memantau perkembangan kondisi kesehatan para warga binaan. Rencananya kegiatan ini akan mulai rutin dilaksanakan sebulan sekali. Pemanatauan kondisi kesehatan merupakan salah satu kegiatan dari pelayanan rehabilitasi medis yaitu pelayanan kesehatan dasar bagi penyandang disabilitas.

Pengecekan Vital Sign

Kegiatan ini diikuti oleh semua warga binaan sosial yang ada di Balai RTPD. Para warga binaan didata terlebih dahulu di pos pendaftaran sekaligus untuk mengkonfirmasi data diri. Selanjutnya para warga binaan mengikuti pengecekan fisik berupa pengecekan berat badan dan tinggi badan. Selain itu mereka juga mengikuti pengecekan vital sign (tekanan darah, suhu tubuh, nadi dan pernafasan).

Setelah melakukan pengecekan awal kemudian para warga binaan diarahkan untuk melakukan anamnesa yang dilakukan oleh perawat. Pada proses anemnesa mereka dapat berkonsultasi tentang kondisi kesehatan yang mereka rasakan. Untuk pemeriksaan lebih lanjut para warga binaan juga mengikuti cek darah berupa GDS (Gula Darah Sewaktu), asam urat dan kolesterol. Apabila hasil melebihi dari batas maksimum, maka akan dilakukan pemeriksaan ulang dan pemantauan lebih serta dikonsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan terapi obat.

Pengecekan GDS, Asam Urat, Kolesterol

Setelah mengikuti semua pengecekan, para warga binaan diberikan vitamin dan extra voeding berupa bubur kacang hijau. serta diperkenankan untuk melanjutkan kegiatan sesuai jadwal rehabilitasi. Kegiatan posyandu ini dilakukan oleh tenaga medis yang berada di Balai RTPD dan dibantu oleh pramusosial, pramurukti dan pegawai yang bertugas.

Related Articles

Add Comment