November 27, 2022

Selama ini, kain bekas yang sudah usang dan tidak terpakai lagi, bagi  kebanyakan orang mungkin akan dibuang dan menjadi sampah. Namun, berbeda di Balai RTPD, di tangan para PPKS hebat ini,  kain bekas tersebut dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk membuat pot hias yang unik dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

Dengan bermodalkan kain bekas, para PPKS diberikan keterampilan oleh Intsruktur untuk mengubahnya menjadi pot cantik. Proses pembuatannya cukup sederhana. Kain bekas yang mudah menyerap cairan itu, dicelup ke dalam campuran semen yang sudah ditambahkan air.

Setelah campuran semennya menyerap dengan merata, barulah kain tersebut diangkat dan disusun dengan cara menempatkan kain secara tengkurap di ember atau cetakan tertentu yang sudah disiapkan sebelumnya. Begitu seterusnya hingga lapisan kain semen ini terbentuk kuat. Proses dilanjutkan dengan pengeringan pot di bawah terik matahari, sampai benar-benar kering. Setelah dirasa kering, pot tersebut dicat dan diberikan hiasan lain.

Selain sebagai bentuk terapi penghidupan dasar bagi PPKS, kegiatan ini juga berfungsi untuk melatih koordinasi sensori integrasi para PPKS khususnya yang memiliki keterbatasan fisik. Diharapkan kegiatan ini mampu melatih kemandirian PPKS dan mempersiapkan keterampilan untuk berwirausaha ketika nanti sudah lulus dari Balai RTPD.

Leave a Reply

Your email address will not be published.