November 27, 2022

Ramadhan bulan yang suci, bulan yang sangat dinanti oleh kaum muslimin dan muslimat. Keindahan bulan Ramadhan diwarnai dengan penuhnya masjid dan musholla di setiap malam. Sholat tarawih berjamaah serta tadarus Al Qur’an berjamaah, sangat mudah ditemui di setiap masjid dan musholla.

Ramadhan tahun ini tentunya berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, di mana sejak tahun 2020 lalu dunia dilanda wabah Covid-19. Adanya wabah bukan berarti ibadah menjadi terhenti. Dengan mengenakan masker, kami tetap menyemarakkan bulan Ramadhan. Kegiatan selama bulan Ramadhan di BRTPD tak kalah semarak dengan kegiatan setiap masjid atau musholla di kampung. Bimbingan keagamaan sembari menunggu datangnya waktu berbuka, buka puasa bersama, sholat tarawih berjamaah, tadarus Al Qur’an secara berjamaah, hal ini ditujukan untuk menghidupkan bulan Ramadhan.

Selasa, 11 Mei 2021 seusai sholat tarawih berjamaah, alhamdulillah kami telah mengkhatamkan Al Qur’an. Banyak hadits yang menjelaskan keistimewaan berdoa saat khatam Al Qur’an, di antaranya sebagai berikut:

“Apabila dikhatamkan Al-Qur’an, maka turunlah rahmat Allah” (HR at-Thabrani dari Ibnu Abi-Syaibah dari Mujahid)

“Barang siapa telah membaca Al-Qur’an (khatam) kemudian dia berdoa, maka ada empat ribu malaikat yang mengaminkan doanya” (HR ad-Darimy)

“Apabila seorang hamba telah mengkhatamkan Al-Qur’an, maka akan hadir 60.000 malaikat yang membacakan istighfar untuknya saat khatam Al-Qur’an tersebut” (HR ad-Dailamy)

(NRP)

Leave a Reply

Your email address will not be published.