SESAGEM dan Nyadran

Category: Berita, Kegiatan 205 0

Lansia terjadi kemunduran fisik dan psikologis secara bertahap, dimana penurunan kondisi tersebut dapat menimbulkan stres pada sebagian lansia. Masalah psikososial pada lansia dapat berupa stres, ansietas (kecemasan) dan depresi. Masalah tersebut bersumber dari beberapa aspek, diantaranya perubahan aspek fisik, psikologis dan sosial. Gejala yang terlihat pada lansia dapat berupa emosi labil, mudah tersinggung, gampang merasa dilecehkan, kecewa, tidak bahagia, perasaan kehilangan, dan perasaan tidak berguna (Hurlock, 2004).

Balai RTPD melalui seksi Rehabilitasi Medik mempunyai program berupa Sesagem, program ini ditujukan kepada PPKS Werdha. Sesagem merupakan solusi dari kami untuk mencegah stres pada lansia. Sesuai dengan namanya, Sesagem yang merupakan akronim dari Selasa Sabtu Gembira ini dilaksanakan seminggu dua kali di hari Selasa dan Sabtu. Perawat dan pramu rukti selalu setia mendampingi PPKS Werdha dalam kegiatan yang dipimpin oleh Bapak Ari Winarto sebagai instruktur. Kegiatan ini dilaksanakan sebelum dimulainya makan siang, yakni jam 11.00 – 12.00. Bersama perawat dan pramu rukti, PPKS Werdha sangat semangat dan gembira dalam kegiatan yang diisi dengan berdendang bersama ini.

Kali ini ada yang berbeda dari Sesagem, dengan sudah masuknya pada bulan Sya’ban/Ruwah, tanggal 27 Maret 2021 Sesagem diawali dengan tradisi nyadran. Dipimpin olehIbu Zusniati Muazah, S.Ag., MSI. acara nyadran diisi dengan kegiatan doa bersama, mendoakan para leluhur, dan PPKS Werdha yang telah mendahului. Tak terasa acara nyadran telah usai, jam menunjukkan pukul 11.00. Seperti biasanya, bernyanyi pun siap untuk dimulai. Bukan hanya perawat dan pramu rukti, Kepala Seksi Rehabilitasi Medik Bapak Drs.Bambang Hari Marwanta, beserta staff pun ikut dalam acara ini.

PPKS Werdha dapat bernostalgia dengan mendengarkan dan menyanyikan tembang – tembang kenangan. Pak Ari dengan sabar menuruti request lagu yang ingin dinyanyikan oleh PPKS Werdha. Tak jarang, lagu – lagu hits jaman now pun ikut dinyanyikan. Setelah puas bernyanyi, makan siang sudah menanti. Hati riang stres pun hilang, perut kenyang pikiran jadi tenang.(NRP)

Daftar Pustaka

Hurlock, E.B. 2004. Developmental psychology: a life span approach. 5th edition. Alih bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Related Articles

Add Comment