Studi Banding Mahasiswa Universitas Kebangsaan Malaysia

Category: Berita 14 0

Selasa siang, 9 April 2019 lalu, Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Yogyakarta mendapat kunjungan dari Mahasiswa Universitas Kebangsaan Malaysia. Kunjungan tersebut merupakan program dari Pasca Diploma Universitas Kebangsaan Malaysia jurusan kerja sosial (pekerjaan sosial) yang bertajuk “Benchmarking Manajemen Bencana di Indonesia dan Malaysia”. Rombongan terdiri dari 21 mahasiswa pascasarjana (Diploma Pascasiswazah Kerja Sosial/ DPSKS), dua orang dosen Fakulti Sains Sosial dan Kemanusiaan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), dua orang pegawai Dinas Sosial Malaysia (Jabatan Kebajikan Masyarakat/ JKM) dan dua orang pegawai Institut Sosial Malaysia (ISM). Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari (7 s/d 11 April) di Yogyakarta.

Rombongan yang sebelumnya telah bekerja sama dengan Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini melakukan kunjungan ke beberapa lembaga salah satunya ke BALAI RTPD. Rombongan diterima di ruang rapat I oleh Kepala Balai yang diwakili oleh struktural esselon IV. Tujuan kegiatan kunjungan ke BALAI RTPD ialah untuk mengetahui sejarah berdirinya BALAI RTPD yang berkaitan erat dengan bencana gempa bumi tahun 2006 lalu serta penanganannya terhadap korban disabilitas. Selain itu juga ingin mengetahui kegiatan para pekerja sosial dalam proses penanganan warga binaan disabilitas saat ini.

Paparan program kegiatan Balai disampaikan oleh Drs. Subroto selaku Kepala Subbag Tata Usaha BALAI RTPD. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti materi paparan tersebut. Para peserta mencoba membandingkan proses rehabilitasi bagi penyandang disabilitas yang telah dilakukan di Malaysia dengan model rehabilitasi yang dilakukan oleh BALAI RTPD. Setelah mendapat paparan dan dilakukan tanya jawab, para peserta diajak berkeliling Balai untuk melihat aktivitas warga binaan secara langsung. Sebelum melanjutkan perjalanan ke lokasi lain, kunjungan diakhiri dengan foto bersama. (MT/adm)

Related Articles

Add Comment