November 27, 2022

Warga binaan menampilkan kebolehan mereka dalam bermain band

syawalan
Pegawai dan karyawan Balai RTPD bersalaman dengan para WBS

Syawalan sudah menjadi tradisi keagamaan dikalangan masyarakat dalam perayaan hari Raya Idul Fitri, tidak terkecuali di lingkup Balai RTPD Yogyakarta. Pada hari Rabu, 20 Juli 2016, keluarga besar Balai RTPD Yogyakarta mengadakan syawalan yang dihadiri oleh pegawai, karyawan, instruktur serta seluruh warga binaan sosial. Acara dimulai dengan pembacan ayat suci Al Qur’an yang dibacakan oleh warga binaan netra Ponirah yang belajar lewat Al Qur’an braile dan warga binaan grahita Novi. Pada kesempatan kali ini Kepala Balai RTPD, Slamet, S.Sos, M.Si memberikan sambutan dan penerimaan ikrar syawalan yang telah disampaikan oleh Tukini, perwakilan WBS.

Warga binaan menampilkan kebolehan mereka dalam bermain band
Warga binaan menampilkan kebolehan mereka dalam bermain band

Acara syawalan dimeriahkan dengan pentas musik yaitu band dan karawitan yang ditampilkan oleh para warga binaan sosial didampingi instruktur kesenian. Selain itu acara syawalan juga diisi pengajian dengan materi Persaudaraan adalah Kunci Hidup Bahagia yang disampaikan oleh Drs. H. Purwana, MA. Rangkuman materi yang disampaikan adalah sebagai berikut :

  1. Ada 5 kewajiban manusia terhadap tetangga atau teman sejawat yaitu menebarkan salam, menjenguk dan mendoakan jika ada yang sakit, mengurus jenazah jika meninggal, hadirilah undangan jika di undang, dan saling mendoakan
  2. Semua manusia dihadapan Allah adalah sama dan sebaik – baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain. Agar hidup kita bahagia maka kita harus berbuat baik.
  3. Agar hidup selalu bahagia ada beberapa hal yang dapat kita lakukan:
Ponirah, salah seorang WBS membacakan ayat suci Al Qur’an
  • Perbanyak aktivitas rohani, tidak hanya melakukan yang wajib tetapi menghidupkan sunnah.Mudah bersyukur, apapun yang kita miliki diterima dengan penuh kesyukuran.
  • Hidup itu anugrah, bahwa Allah tidak akan merubah kehidupan suatu kaum apabila tidak ada usaha.
  • Tentukan tujuan hidup, hidup di dunia tidak hanya sekedar menumpuk harta atau sukses karier yang utama adalah bagaimana mempertanggungjawabkan kehidupan ini di akhirat Q.S. ADZ. DZAARIYAT : 56.
  • Berjiwa sosial.
  • Jangan menghindar dari masalah.
  • Menerima apa adanya.
  • Menjaga kesehatan fisik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.