UJI COBA TEMPAT SAMPAH KHUSUS TUNA NETRA

Category: Berita 9 0

Pada hari Selasa, 23 Juli 2019 Balai RTPD mendapatkan kesempatan untuk menjadi tempat uji coba hasil penelitian dan kreasi dari siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Bantul. Produk yang diuji cobakan tersebut adalah tempat sampah untuk  tuna netra. Pada kesempatan tersebut kelompok siswa yang terdiri dari tiga orang dan didampingi oleh satu orang guru pembimbing melakukan pengujian terhadap tempat sampah hasil penelitian yang dilakukan.

Disebut tempat sampah tuna netra karena pada aplikasinya nanti akan sangat bermanfaat bagi penyandang tuna netra. Pada tempat sampah tersebut terdapat sensor yang apabila dilewati maka akan mengeluarkan suara yang menunjukkan bahwa ditempat tersebut terdapat tempat sampah. Memanfaatkan teknologi Arduino yang dikembangkan oleh para siswa tersebut diharapkan akan membantu bagi tuna netra untuk menemukan tempat sampah.

Warga binaan sosial dari kelompok tuna netra sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Awalnya mereka dibagikan makanan dalam kotak, dan setelah selesai mereka diminta untuk membuang sampah dari bungkus makanan tersebut ke tempat sampah yang sudah disediakan. Tanpa kesulitan teman-teman tuna netra dapat menemukan tempat sampah, karena saat mereka melewati tempat sampah tersebut, sensor akan mendeteksi dan memberikan panduan dalam bentuk suara bahwa disebelahnya adalah tempat sampah.

Teman-teman tuna netra juga diberikan instruksi untuk memilah antara sampah basah dan sampah kering, karena pada aplikasi tempat sampahnya terdapat dua buah tempat sampah. Dengan instruksi sebelah kiri adalah kotak untuk sampah basah dan sebelah kanan untuk tempat sampah kering, teman-teman tuna netra tidak mengalami kesulitan untuk melakukan pemilahan sampah.

Setelah selesai melakukan praktek uji coba, para siswa melakukan evaluasi dengan bertanya langsung kepada warga binaan sosial untuk mengetahui pengalaman mereka dengan adanya tempat sampah khusus tuna netra tersebut. Hasil dari evaluasi tentu digunakan untuk memperbarui dan mengembangkan penelitan dari para siswa tersebut. Karya dari para siswa SMP Negeri 1 Bantul tersebut nantinya akan diikutsertakan dalam lomba penelitian ditingkat daerah sampai ke tingkat nasional. (AD/adm)

Related Articles

Add Comment