Yasinan Bersama KKN XXXII UPY

Category: Berita, Kegiatan 128 0

Suasana warga binaan sosial BRTPD (Badan Rehabilitasi Tempat Penyandang Disabilitas) yang sudah cukup baik selama ini, akan lebih bertambah nuansa religiusnya, jika suasana keagamaan sering diamalkan untuk lebih meningkatkan ketentraman dan kedamaian hati semua penghuninya. Dengan kedamaian hati, maka hampir semua problem kehidupan akan tampak lebih ringan untuk menghadapinya. Untuk mengisi kegiatan yang bernuansa religi ini, saya dibantu dengan tim mengadakan kegiatan membaca surah Yasin, atau biasa disebut dengan yasinan, yang diselenggarakan setiap hari Kamis malam jum’at. Pada tanggal 15 Februari 2018 pukul 19.30 s/d 20.30 kami mempercayakan teknis pelaksanaanya dengan menunjuk salah satu warga binaan yang mempunyai tingkat bacaan qur’an yang baik dan benar, untuk memimpin acara kegiatan tersebut.

Kegiatan ini diikuti oleh warga binaan dari beberapa kluster yang ada di BRTPD, ada dari teman-teman tuna netra, grahita, rungu wicara, dan tuna daksa . Hampir semua warga binaan antusias mengikuti acara tersebut, hal ini menunjukan bahwa mereka merasa membutuhkan siraman rohani yang dapat menutupi kekurangan yang sedang mereka alami dan rasakan selama ini.

Yasinan adalah suatu amalan yang baik dan bermanfaat,dengan diadakannya kegiatan rutin seperti ini akan lebih meningkatkan keimanan seseorang, karena hal itu juga bisa mengingatkan kepada kita akan kematian. Kegiatan yasinan harus berjalan terus menerus agar kita sesama manusia bisa menumbuhkan rasa cinta kepada orang lain. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan Yasinan, semoga bisa menjaga silaturahmi dan menciptakan kedamaian antar warga binaan.

Kendala dari kegiatan ini adalah kurangnya mushaf yang digunakan warga binaan untuk membaca surat yasin dan pada saat membaca, pemimpin bacaan tidak menggunakan speaker atau TOA sehingga suaranya kurang didengar oleh WBS yang lain, karena ada beberapa WBS yang memiliki suara lantang pada saat membaca surat yasin. (KKN UPY’18)

Related Articles

Add Comment